Monday, November 11, 2019

Lifestyle: Transportasi Unggul, Dukung Indonesia Maju

Transportasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh setiap orang untuk melakukan aktivitas dalam setiap harinya. Karena sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan masyarakat, transportasi sudah dapat dikatakan sebagai salah satu faktor dalam membangun perekonomian dan pariwisata suatu negara, khususnya di Indonesia.

Transportasi Unggul, Dukung Indonesia Maju via dephub.go.id

Transportasi yang memang terkait erat dengan perekonomian dapat dilihat dari berbagai aspek, diantaranya dengan adanya ketersediaan barang, stabilisasi dan penyamaan harga, penurunan harga, meningkatnya nilai tanah, terjadinya spesialisasi antar wilayah, berkembangnya usaha kecil, juga dengan terjadinya urbanisasi dan konsentrasi penduduk.

Sedangkan  dalam pariwisata, aspek tersebut meliputi faktor jarak dan waktu juga bagaimana kemajuan fasilitas transportasi sendiri yang mendorong pertumbuhan pariwisata sehingga dapat memudahkan orang mengunjungi lokasi tersebut.

Dengan banyaknya pembangunan infrastruktur yang dirasakan sampai sekarang ini tidak melainkan sebagai salah satu dukungan agar Indonesia terus maju. Mulai dari pembangunan Sub Sektor Pehubungan Laut, Sub Sektor Perhubungan Udara, Sub Sektor Perhubungan Darat, dan Sub Sektor Perkeretaapian.


Pembangunan Infrastruktur Transportasi via kemendikbud.go.id

Dan bagaimana capaian dalam lima tahun dari kinerja Kementerian Perhubungan Indonesia saat ini? Dalam dalam kurun waktu 5 tahun ini, pemerintah telah melakukan pembangunan infrastruktur transportasi dengan pendekatan Indonesia Sentris untuk membuka keterisolasian, yaitu dengan memberikan dukungan aksesibilitas terhadap Daerah 3TP (Terluar, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan).

Diantaranya melalui, Penyediaan prasarana yaitu 18 rute tol laut dengan tujuan menekan disparitas harga di Indonesia Timur, 891 trayek angkutan perintis (angkutan jalan, SDP, KA, laut dan udara), dan Pembangunan serta pengembangan 131 bandara di daerah rawan bencana, perbatasan dan terisolir. 

Capaian Lima Tahun Kinerja via dephub.go.id

Selain itu diputuskan ada 5 Bali Baru Super Prioritas yaitu Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo. dan Manado. Di mana untuk kelima daerah tersebut Kementerian Perhubungan telah fokus melakukan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi seperti bandara, pelabuhan, kereta api, jalan dan sebagainya. 

Menariknya, dalam lima tahun pemerintahan Kabinet Kerja, telah banyak capaian yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan baik itu di sektor transportasi darat, laut, udara maupun kereta api, seperti disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi baru-baru ini.

Capaian pada masing-masing sektor tersebut diantaranya:

Sektor Perhubungan Darat
Dalam pencapaian di sektor perhubungan darat, diantaranya meliputi:

Sektor Perhubungan Darat via dephub.go.id

  • Pembangunan BRT, Rehabilitas Terminal, Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan dan Pembangunan Kapal.
  • Pengembangan angkutan massal di wilayah perkotaan yang mampu memindahkan sebagian pengguna kendaraan pribadi untuk berpindah ke angkutan umum.
  • Di Jabodetabek, proporsi perjalanan dengan angkutan umum terus meningkat seiring perbaikan layanan angkutan umum yang ada. 
  • Juga, saat ini sudah ada MRT dan KRL yang mampu menarik minat masyarakat menggunakan transportasi massal. 
Selanjutnya  ke depan Kementerian Perhubungan juga merancang MRT dengan panjang yang lebih signifikan bahkan sampai 200 km. Begitu juga LRT bekerja sama dengan Pemda DKI dan di 5-6 kota lain akan dibangun LRT atau sejenisnya.

Sektor Perhubungan Laut
Dalam pencapaian di sektor perhubungan laut, dengan dilakukannya:

Sektor Perhubungan Laut via dephub.go.id

  • Pembangunan Pelabuhan Non Komersial sebanyak 118 lokasi.
  • Pengembangan pelabuhan diantaranya pengembangan Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Kuala Tanjung.
  • Proyek tol laut.
  • Menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan hub internasional.
Pengembangan bidang logistik untuk Pelabuhan Tanjung Priok tersebut dilihat dari arus bongkar muat (troughput) petikemas di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok tahun 2018 yang mencapai 7,5 juta TEUs dan diharapkan dapat terus bertambah menjadi 8 hingga 12 juta TEUs di tahun 2019. Sehingga ke depan perdagangan ke luar negeri dari Indonesia dapat ditangani oleh Pelabuhan Tanjung Priok.

Sektor Perhubungan Udara
Dalam pencapaian di sektor perhubungan udara,diantaranya:

Sektor Perhubungan Udara via dephub.go.id

  • Pembangunan Bandara Baru di 15 lokasi untuk peningkatan konektivitas antar wilayah dan peningkatan pariwisata 5 Bali Baru Indonesia. 
  • Program Jembatan Udara untuk meningkatkan konektivitas logistik dengan menyediakan 39 rute yang dilayani sampai ke daerah-daerah pedalaman, terpencil dan pulau terluar untuk pemerataan serta kesenjangan ekonomi dan pembangunan antar wilayah di Indonesia bagian Timur.

Sektor Perkeretaapian
Terkahir, dalam pencapaian di sektor perkeretaapian, capaian tersebut antara lain:

Sektor Perkeretaapian via dephub.go.id

  • Pembangunan proyek Double-Double Track (DDT), Reaktiviasi jalur KA, Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai informasi terbaru agar lebih up to date mengenai informasi terkait, kalian bisa langsung dapatkan dari website resmi Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dan juga media sosialnya, seperti apa yang tertulis dalam tulisan saya ini. Jika transportasi unggul, saya yakin Indonesia pasti akan lebih semakin maju kedepannya. Ayo dukung Indonesia untuk terus maju!


http://www.kailanatural.com/https://www.instagram.com/kailanatural/https://www.facebook.com/kailanatural/https://twitter.com/kemenhub151

Jangan lupa baca review dan tulisan saya yang lain di www.dea-ms.com ya. Xoxo!

 

This is a content about Kementrian Perhubungan Republik Indonesia and what i wrote is true information based on data and source from Kementrian Perhubungan Republik Indonesia
Thank you.

No comments:

Post a Comment

Thank you for kindly comment.
Please do not leave an active link because it will be considered as a spam.
For asking more: deams1990@gmail.com

Xoxo!

- POPULAR POST -