Monday, July 30, 2018

Review: Betadine SC Antiseptik

Hi readers!

Sebenernya udah tidak tahan dari kemarin ingin membuat review produk ini, tapi dikarenakan harus membagi aktivitas ini itu, dan memang belakangan ini mood saya lagi berantakan banget (mungkin karena testpacknya bener-bener positif kali ya hehe yay!). Jadi, begini. Nunggu mood datang dulu baru bisa review dengan nyaman, ditambah harus selesaikan pekerjaan yang lain dulu tentunya (maaf, curhat sedikit hehe).
Ya, kali ini saya akan review produknya Betadine SC Antiseptik. Betadine? Ko mendengarnya kaya review produk obat atau kesehatan gitu ya? No! Jangan salah, memang produk Betadine ini dikenal secara umum sebagai obat untuk mengeringkan luka, infeksi, dan lain-lain. Namun ternyata tidak hanya itu saja, selain untuk obat luka yang berwarna kuning itu, Betadine ini sudah mengeluarkan produk untuk mouthwashnya yang berwarna hijau, lalu produk feminine areanya juga yang berwarna pink, dan satu lagi antiseptik yang sekarang akan saya bahas ini warna kemasannya merah. Ini dia produknya.
Betadine SC Antiseptik


Produk ini juga tidak baru-baru amat sih, sudah lama cuma memang masih agak jarang ditemukan di swalayan, hanya beberapa toko tertentu.
Jadi, sebenarnya Betadine SC Antiseptik ini buat apa sih? 
Untuk penjelasan dikemasannya tidak benar-benar dijelaskan produk ini untuk apa saja, cuma antiseptik nya itu sudah menjelaskan kalau ini salah satu produk antiseptik gitu yang bisa membunuh kuman, bakteri, jamur dan lain-lain.
Setelah saya browsing dari beberapa review blogger dan vlogger lainnya yang membahas produk ini, yang katanya ampuh untuk membasmi jerawat, saya jadi penasaran untuk mencoba dan akhirnya bisa memberikan sedikit review juga tentang produk ini.
Sebelumnya kita membahas kegunaan dan untuk apakah Betadine ini sebenarnya, kita bahas tentang produknya dulu ya, Betadine ini ada ukuran kecil dan besar. Yang ada di postingan blog saya kali ini adalah ukuran kecilnya 60 ml, untuk ukuran besarnya ada yang 100 ml juga, dan kemasannya pun ada dua kemasan, kemasan yang ada di postingan saya ini adalah kemasan lama, untuk kemasan barunya saya belum sempat foto padahal kemarin saya beli lagi produknya untuk kesekian kalinya (nanti kapan-kapan saya upload deh untuk kemasan barunya). Ini kemasan lama yang saya beli dengan ukuran 60 ml.

Betadine SC Antiseptik 60 ml

Tampak Depan

Tampak Belakang

Untuk komposisinya sendiri hanya dijelaskan kalau produk ini mengandung Povidone Iodine 7.5% yang berada dibelakang produk, disana juga hanya dijelaskan cara pakainya saja secara umum.
Teksturnya hampir sama dengan Betadine obat luka yang berwarna kuning itu, baunya pun sama sehingga untuk beberapa orang yang sangat sensitif dengan bau seperti itu pasti akan terasa, saya sih memang cenderung sensitif dengan mencium bau produk Betadine SC Antiseptik yang satu ini tapi dikarenakan rasa fighter saya melawan jerawat, apalah daya, saya tetap bertekad untuk mencobanya demi jerawat saya yang sembuh. Hehe.
Bedanya dengan obat lukanya itu, produk ini mengeluarkan busa setelah dicampur dengan air.

Isi produknya

Setelah dibaurkan tanpa air

Setelah dibaurkan dengan air

Jadi, hasil dan kegunaan Betadine SC Antiseptik ini bagaimana? Makin penasaran kan? Hehe.

Pertama, ternyata produk ini bisa dipakai untuk mandi (seperti antiseptik Detol yang diteteskan di bak mandi) tapi ini bisa dipakai secara langsung untuk mandi seperti menggunakan sabun cair gitu, dan beneran bisa menghilangkan bruntusan atau jerawat yang ada dipunggung gitu, beberapa review juga ada yang bilang bisa menghilangkan bau badan juga. Saya sih percaya-percaya aja karena emang produk ini kan antiseptik, fungsinya untuk membunuh kuman dan bakteri. Kemungkinan besar pasti akan bekerja dengan baik sesuai fungsinya.
Ketika saya mencoba produk ini untuk mandi, memang agak sedikit mengganggu karena baunya itu, tapi saya coba gunakan produk ini bersamaan dengan sabun yang biasa saya pakai sehari-hari supaya baunya tidak terlalu menyengat.
Jadi caranya, saya tuangkan beberapa tetes Betadine ini, lalu saya usapkan ke bagian punggung saya, saya biarkan selama 15-30 detik, lalu saya bilas sedikit saja memakai air (tapi tidak dulu dibilas dengan benar-benar bersih) lalu tuangkan juga sabun cair yang biasa saya gunakan untuk mandi secara bersamaan saya usapkan seperti kaya mandi biasanya. Terakhir, saya bilas semuanya sampai benar-benar bersih dan keringkan dengan handuk.
Dan hasilnya? It works! Beberapa bruntusan di punggung saya beneran mulai hilang hanya dalam beberapa hari, padahal saya hanya menuangkan beberapa tetes saja untuk mandi.

Kedua, kenapa saya jatuh cinta pada akhirnya dengan produk ini, karena jerawat saya mulai berkurang dan makin berkurang dari awal saya pakai produk ini tapi dengan cara yang tepat ya penggunaannya.
Jadi caranya, saya tuangkan beberapa tetes ditelapak tangan seperti saya mau mandi, tapi untuk jerawat ini tidak saya usapkan langsung seperti facial wash pada umumnya, saya usapkan ke bagian yang berjerawat saya dengan menggunakan jari telunjuk saya. Terus kalau jerawatnya menyebar banyak? Ya saya totolkan menyebar ke bagian wajah saya, tapi ingat ya yang berjerawat saja. Lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 detik (sama seperti saat mandi), setelah itu bilas sampai bersih, sampai busanya hilang, lalu keringkan dengan handuk. It's very easy.
Dan hasilnya? Amazing! Jerawat di wajah saya beneran kempes. Karena jerawat di wajah saya lumayan agak banyak dan menyebar dibeberapa bagian, terlihat sekali sih perubahannya, tapi untuk jerawat ini tidak secepat bruntusan yang ada dipunggung. Butuh waktu, memang karena jerawat saya agak bandel juga sih. Tapi untuk jerawat yang baru banget muncul, pas dikasih produk Betadine SC Antiseptik ini malah jadi kempes, dan tidak jadi munculnya. Mencegah munculnya jerawat aja udah senang alhamdulillah sekali. Hehe.
Kadang dalam penggunaannya saya combine juga dengan facial wash yang biasa saya gunakan, jadi setelah memakai produk ini saya bilas kembali dengan facial washnya.

Tapi, untuk produk Betadine SC Antiseptik ini saya sarankan tidak untuk digunakan setiap hari. Kenapa? Karena salah satu fungsinya untuk membunuh bakteri ini, dikhawatirkan dapat membunuh bakteri baik yang malah diperlukan untuk kulit kita sendiri, sehingga disarankan tidak untuk digunakan setiap hari. Saya biasanya menggunakan Betadine SC Antiseptik ini 2-3 kali dalam seminggu.

Untuk ringkasan kelebihan, kekurangan, hasil pemakaiannya, dan harga akan saya jelaskan dibawah ini ya.
Kelebihan:
- Ampuh banget untuk jerawat.
- Bisa digunakan bersamaan dengan produk lain.
- Tidak membuat ketergantungan.
- Ukurannya mudah dibawa kemana-mana karena ada ukuran kecil juga.
- Harganya terjangkau.

Kekurangan:
- Masih sulit didapatkan di swalayan-swalayan besar, saya hanya bisa menemukan produk ini baru di Century Bip (untuk Bandung) saja, tapi di Century Festival City Link tidak ada.
- Tidak ada ukuran besar hanya 60 ml dan 100 ml saja, padahal kalau digunakan untuk mandi bisa cepat habis dan harus sedia stok karena masih sulit didapatkannya.
- Baunya agak sedikit mengganggu.

Hasil Pemakaian:
- Untuk pemakaian badan, hasilnya lebih cepat dibandingkan untuk wajah karena mungkin bruntusan dan jerawat itu adalah kasus yang berbeda, dan kemungkinan akan berbeda juga pada setiap orang karena jenis kulit setiap orang pun berbeda. Tapi hasilnya benar-benar memuaskan.
- Untuk pemakaian wajah, awalnya sedikit membuat wajah menjadi kering (untuk bagian jerawat yang diolesi Betadine SC Antiseptik ini), kemungkinan itu adalah reaksi dimana produk ini bekerja, dan setelah itu jerawat benar-benar kempes dan tidak jadi muncul. Hanya saja, untuk bekas jerawat masih belum terlihat efektif hasilnya (karena saya baru menggunakan produk ini sekitar sebulan) tapi sedikit demi sedikit jerawat saya benar-benar berkurang. Untuk kulit wajah pun hasilnya pasti akan berbeda pada setiap orang. Mudah-mudahan sih ini juga dapat bekerja pada kalian dan untuk kalian para acne fighters.

Price: Rp. 30.000,- (60 ml) Rp. 45.000,- (100 ml)



No comments:

Post a Comment

Thank you for kindly comment.
Please do not leave an active link because it will be considered as a spam.
For asking more: deams1990@gmail.com

Xoxo!